Magento Mengalihkan Duniaku

July 1, 2019 by Badwi

Magento, kali pertama mendengarnya, saya kira dia adalah CMS PHP semacam Wordpress, Drupal, dkk. Tapi, eh, ternyata tidak semudah itu, Ferguso. Kompleksitasnya cukup mumetable bagi programmer males kayak saya. wkwkwk…

OK, jadi, si Magento ini bisa disebut sebuah framework ecommerce PHP yang cukup populer, dan beberapa waktu lalu menjadi milik Adobe setelah perusahaan pengembangnya diakuisisi. Ada dua versi lisensi yang ditawarkan, yaitu Community Edition (CE) dan Enterprise Edition (EE). Lisensi kedua-duanya termasuk open source. Yang membedakan, versi CE itu gratis, sedangkan yang EE berbayar.

Versi rilis terkini –saat tulisan ini terbit– yaitu Magento 2.3.2 baik CE maupun EE. Fitur yang ditonjolkan pada versi ini antara lain implementasi GraphQL dan PWA.

Beberapa pattern Magento yang OOP banget mengingatkan saya ke Qt framework1, sebuah framework C++ yang dulu –dulu sekali– saya pernah mempelajarinya, tapi belum khatam. Sedangkan pattern yang lain, terutama buat front end-nya, yang pakai RequireJS, KnockoutJS, cukup menguras waktu untuk mempelajarinya. Harusnya bisa lebih cepat kalo minta tutor ke atasan saya, tapi sering gak enak aja kalo mau minta waktu. Ya akhirnya kembali ke kebiasaan lama, belajar sendiri: lamaaa.

© 2017 | Hucore theme & Hugo